Kurnia Maula Computer Engineering UNDIP. Like technology, mastering SEO.

Cara Membuat Label Undangan

3 min read

Tutorial Cara Membuat Label Undangan Dengan Mudah Di Microsoft Word 2010, 2013, 2016, Dan Office 365

Cara Membuat Label Undangan – Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang paling populer. Penggunaan Ms. Word ini tak hanya terbatas untuk kalangan pelajar dan mahasiswa saja. Sebut saja pembuatan buku, penulisan makalah, serta desain amplop dan undangan. Di artikel kali ini, admin akan mengulas bagaimana cara mudah membuat label undangan menggunakan aplikasi Ms. Word.

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang tutorial ini, admin punya info menarik nih. Buat kalian yang ingin tahu Cara Mudah Melihat Password Wifi, info lengkapnya telah admin sertakan pada link di bawah paragraf ini yah:

Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi dengan Mudah

Cara Membuat Label Undangan

Membuat label undangan merupakan hal yang cukup mudah, namun tentu butuh ketelitian yang tinggi. Karenanya, penting untuk mengetahui ukuran label yang telah kalian beli. Pastikan mengukur label tersebut menggunakan penggaris, atau teman teman bisa lihat ukuran lebar dan panjang label yang tertera di sampul kemasan.

Selanjutnya, dalam pembuatan di Ms. Word, teman teman juga dituntut untuk lebih jeli dalam menentukan ukuran kertas. Nantinya, template label akan kita letakkan di Microsoft Word. Adapun daftar nama dan alamat penerimanya, akan kita masukkan di Microsoft Excel. Pastikan teman teman meletakkan kedua file tersebut di folder yang sama yah.

Dan yang terpenting terakhir ialah pada saat ingin mencetak label. Biasanya, kita kurang memperhatikan penempatan dan ukuran kertas sebelum mencetak. Karena itu, pastikan ukuran kertas telah diatur terlebih dahulu yah.

Dari pada terlalu banyak basa basi, yuk kita masuk ke tutorial cara membuat label Undangan.

A. Menentukan Ukuran Label dan Kertas

Sebelum membuat di Microsoft Word, pastikan teman teman telah mengukur panjang dan lebar label beserta kertasnya yah. Biasanya ukuran kertas dan label disertakan pada bagian depan kemasan. Namun, jika ukurannya tidak disertakan, pastikan teman teman mengukur secara manual menggunakan penggaris yah.

Ohya, sebagian besar kertas label, memberikan nomor unik di bagian depannya. Kertas label yang paling banyak digunakan untuk undangan, biasanya nomor 121 atau nomor 103. Ukuran label 103 dalam inci bisa kalian konversi sendiri dari gambar dibawah yah. Berikut ukuran label dengan nomor 103:

Ukuran Panjang Dan Lebar Kertas 103 Di Label 1
Ukuran Panjang Dan Lebar Kertas 103 Di Label

B. Cara Membuat Label Undangan di Microsoft Word

Nah, di bagian inti ini, admin akan mengulas pembuatan label undangan menggunakan Ms Word. Jika data penerima undangannya kurang dari 10, maka kita bisa menggunakan cara manual. Namun bagaimana jika tamu undangannya sangat banyak? Karenanya, kita perlu mengetahui bagaimana cara membuat label secara otomatis yah.

Di artikel ini, admin akan fokus dalam pembuatan label secara otomatis menggunakan ukuran nomor 103. Dengan cara otomatis ini, kemungkinan salah print akan lebih sedikit. Berikut tutorialnya:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu, lalu tekan New Document.
  2. Selanjutnya pilih Mailings pada menu bar
  3. Lalu pilih Labels
  4. Selanjutnya pada jendela pop up, tekan Options…
  5. Tekan New Label
  6. Isikan kolom kolom yang tersedia sesuai data pada gambar di bawah yah.
  7. Tekan Ok
  8. Klik New Document
1 - Klik Mailings lalu Pilih Labels
1 – Klik Mailings lalu Pilih Labels
2 - Pilih Options... Lalu Tekan New Label
2 – Pilih Options… Lalu Tekan New Label…
3 - Masukkan Detail Format Label Undangan 103 DOC, lalu Tekan Ok, Kemudian Pilih New Document
3 – Masukkan Detail Format Label Undangan 103 DOC, lalu Tekan Ok, Kemudian Pilih New Document

Setelah template terbentuk, langkah berikutnya yaitu mengisi kolom kolom yang tersedia. Biasanya untuk membuat label undangan, kita perlu menyertakan Nama Penerima serta Alamat Penerima.

Jika teman teman ingin memasukkan secara manual, maka caranya sampai disini saja. Teman teman tinggal ketik manual siapa saja penerima dan dimana saja alamatnya. Namun, jika data penerimanya sangat banyak, dan teman teman ingin mengisikan secara otomatis, maka kalian bisa lanjut ke step ketiga, keempat, dan kelima.

Baca Juga: Cara Mudah Merubah Background PPT di Microsoft Power Point

C. Membuat Daftar Nama Penerima dan Alamat di Ms. Excel

Setelah kita membuat format di Ms. Word, langkah berikutnya yaitu membuat tabel nama penerima dan alamat penerima di Microsoft Excel. Jika penerima undangan bisa dihitung dengan jari, maka cara ini tidak diperlukan yah. Namun jika dirasa teman teman akan kesulitan menuliskan satu persatu, maka step ini perlu teman teman ikuti. Berikut tutorialnya:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Lalu buatlah 2 kolom, dengan judul NAMA dan ALAMAT
  3. Selanjutnya, isikan dengan nama penerima serta alamat penerima di bawahnya.
  4. Simpan file tersebut di folder yang sama dengan template Ms. Word (yang baru kita buat).

Jika seluruh nama dan alamat penerima telah dimasukkan, langkah berikutnya yaitu memanggina nama dan alamat tadi ke template label pada Ms. Word.

D. Memasukkan Data di Ms. Excel ke Ms. Word

Selanjutnya kita perlu memanggil kolom nama serta alamat di Microsoft Excel tadi. Berikut tutorialnya:

  1. Pada aplikasi Microsoft Word yang tadi telah kita buat, klik Mailings
  2. Lalu pilih Select Recipents
  3. Klik Use an Existing List…
  4. Pilih file Ms. Excel yang telah kita simpan tadi, lalu tekan Open
  5. Lalu tekan Ok
  6. Klik Mailings, lalu pilih Insert Merge Field, lalu pilih NAMA
  7. Selanjutnya tekan enter
  8. Klik Mailings, lalu pilih Insert Merge Field, lalu pilih ALAMAT
  9. Lalu klik pada kolom label berikutnya, lalu pilih Mailings, lalu tekan Rules, kemudian pilih Next Records
  10. Lakukan hal yang sama dengan langkah ke 6, 7, 8, kemudian 9.
  11. Lakukan terus menerus sebanyak jumlah penerima di Ms. Excel yah.

Jika teman teman ingin menambahkan gambar bunga, maka cara memberi bingkai pada label undangan tersebut cukup mudah. Teman teman bisa klik di kolom yang ingin ditambahkan gambarnya, lalu klik Insert kemudian pilih Image. Pilihlah gambar yang akan disisipkan, lalu tekan Ok. Langkah terakhir yaitu dengan menyesuaikan ukuran gambar dengan ukuran kertasnya yah.

Untuk memudahkan teman teman, berikut admin lampirkan link download 3 file template ini yah. File pertama yaitu file Ms. Word, file kedua yaitu file Ms. Excel yang berisi contoh nama undangan pernikahan beserta alamatnya. Sedangkan file terakhir yaitu file template di Ms. Word.

Download Format Label Undangan 103 ABC

Ohya, kalau teman teman ingin tahu cara membuat label undangan bermotif, cara membuat label undangan 121, silahkan request di kolom komentar yah.

E. Mencetak Dokumen

Langkah yang terakhir yaitu mencetak dokumen. Sebelum mencetak, pastikan ukuran kertas yang akan dicetak sama dengan ukuran kertas label yah. Teman teman bisa mengubah ukuran kertas melalui Layout. lalu pilih Size. Kemudian pilih More Paper Sizes. Selanjutnya masukkan lebar dan panjang kertas sesuai dengan label. Kemudian tekan Ok.

Baca Juga: Cara Membuka HP yang Telah Terkunci

Sekian bahasan admin mengenai tutorial cara membuat label undangan di word 2010, 2013, 2016. Jika ada pertanyaan mengenai tutorial ini, teman teman bisa langsung menuliskan di kolom komentar. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa share, dan semoga bermanfaat.

Kurnia Maula Computer Engineering UNDIP. Like technology, mastering SEO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *